Senin, 01 Oktober 2012

Jak-Japan Matsuri 2012

Jakarta (30/9/12), festival persahabatan antara Jakarta dan Japan tengah dilangsungkan. Acara yang memang dilangsungkan setiap tahun ini, mengambil posisi ditengah-tengah Ibukota Jakarta, ya, Monumen Nasional atau sering disapa MONAS. Matsuri yang ke-4 ini pun mengambil tema "Indonesia-jepang, Semakin Erat, Semakin Mantap : Ikatan Persahabatan yang Kuat, Beragam Pertukaran yang Luas." Tak heran jika acara tersebut banyak memanfaatkan segala hal mengenai Japan dan dikembangkan oleh warga Indonesia.
Tari tradisional Jepang yang memenuhi panggung utama Jak-Japan Matsuri ini, tentunya dengan penonton yang semarak pula. Demikian juga stand-stand yang digelar, dari mulai aksesoris Jepang hingga makanan khas Negeri Sakura itu. Tak sampai disitu, pemakaian kostum-kostum yang sesuai dengan film kartun Jepang pun semakin mengunikan acara tersebut.
Ada sesuatu yang menarik, ketika kaki baru saja memasuki gerbang yang dimana tukar tiket.. Beberapa langkah dari itu, sambutan kumpulan tempat sampah yang unik. Bukan karena bahan yang digunakan ataupun warna tempat sampah tersebut. Melainkan tempat sampah yang dijejerkan rapi dan diberi kategori-kategori pada masing-masing tempat sampah yang berbahan dasar kardus itu. Diantaranya kategori "Sampah Organik", "Sampah Kertas", "Sampah Daur Ulang", "Cairan, Sisa Makanan dan Minuman." Dan tong sampah tersebut dijaga oleh lebih dari satu petugas. Luar biasa bukan?
Semakin sore pengunjung pun makin bersorak. Berfoto-foto ria dengan para costplay yang unik juga lucu tak lupa digandrungi para remaja. Termasuk aku pun memanfaati kesempatan tersebut.
Tak tertinggal pula penampilan girlband JKT48 yang makin memeriahkan acara tersebut..
Semoga acara tersebut makin meningkatkan persahabatan bilateral antara Indonesia dan Jepang.

0 komentar:

Posting Komentar